Sunday, August 31, 2014

Manfaat Buah untuk Pasien Kanker Paru Paru

manfaat buah untuk pasien kanker paru paru
Paru-paru melakukan banyak fungsi vital, pernapasan, asupan oksigen dan pelepasan karbon dioksida. Kanker paru-paru dapat mengganggu fungsi ini dan mengakibatkan gejala-gejala yang tidak diinginkan. Buah menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi pasien kanker paru paru. Buah kaya akan nutrisi namun rendah kalori. Menambahkan buah di dalam diet Anda dapat membantu mengurangi perkembangan penyakit kanker paru-paru dan bahkan meningkatkan fungsi dan kesehatan paru-paru.

Kanker Paru Paru
Menurut University of Maryland Medical Center, kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanker di seluruh dunia. Kanker paru-paru bertanggung jawab untuk sekitar 160.000 kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Berdasarkan pada ukuran dan bentuk dari sel-sel kanker, kanker paru-paru di bagi menjadi dua yakni, kanker non-sel dan kanker paru-paru sel kecil. Kanker paru-paru non sel lebih umum dan biasanya tumbuh dan menyebar lebih lambat sementara kanker paru-paru sel kecil tumbuh lebih cepat dan kemungkinan akan menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Kanker paru-paru adalah hasil dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh beberapa paparan karsinogen.

Faktor Risiko dan Gejala
Tembakau adalah karsinogen terbesar dan bertanggung jawab untuk 85 persen dari semua kasus kanker paru-paru di Amerika Serikat dilaporkan oleh University of Maryland Medical Center. Resiko anda meningkat dengan jumlah rokok yang Anda hisap setiap harinya dan lamanya waktu Anda menjadi perokok aktif. Bahkan jika Anda tidak menggunakan tembakau, tetapi Anda terkena asap rokok, Anda berada pada risiko lebih besar untuk mengembangkan kanker paru-paru. Faktor risiko lain termasuk paparan radiasi atau zat lingkungan dan pekerjaan seperti arsenik, asbes atau radon, riwayat keluarga, penyakit paru paru dan pola makan yang buruk. Gejala yang paling umum dari kanker paru-paru termasuk nyeri dada konstan, batuk darah, sesak napas, mengi, pneumonia kronis atau bronkitis, batuk terus-menerus yang memburuk dari waktu ke waktu, pembengkakan leher dan wajah, kelelahan, kurang nafsu makan dan penurunan berat badan .

Manfaat Buah untuk Pasien Kanker Paru Paru
The Linus Pauling Institute menyatakan bahwa hasil dari berbagai penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa diet kaya buah dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Buah mengandung vitamin, mineral, serat, antioksidan dan fitokimia biologis aktif yang cenderung dapat melawan infeksi, mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Science Daily melaporkan bahwa ada bukti yang luas dari studi kasus dan studi klinis selama 10 sampai 15 tahun terakhir bahwa diet kaya buah-buahan bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Buah kaya akan nutrisi yang berhubungan dengan peningkatan fungsi paru-paru pada populasi umum. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi "American Thoracic Society" melaporkan bahwa diet tinggi buah-buahan tertentu seperti tomat dan apel dianggap dapat melindungi terhadap penyakit pernafasan. Individu yang mengkonsumsi lima porsi atau lebih buah apel per minggu atau 3 porsi tomat per minggu mengalami jauh lebih sedikit mengi. Menurut Harvard School of Public Health, mengkonsumsi beberapa jenis buah dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru.

Rekomendasi
Asupan yang direkomendasikan buah tergantung pada usia, jenis kelamin, konsumsi kalori dan tingkat aktivitas. Jika Anda mengkonsumsi rata-rata 2.000 kalori per hari, Anda perlu mengkonsumsi 4 porsi atau 2 cangkir buah setiap hari. Jika Anda makan 1.600 kalori setiap hari, Anda perlu mengkonsumsi 3 porsi atau 1,5 cangkir buah setiap hari. Satu porsi buah sama dengan 1 buah segar seperti jeruk atau apel, 1/2 cangkir buah segar, beku atau kalengan seperti buah persik, melon atau stroberi; 1/4 cangkir buah-buahan kering seperti kismis atau cranberry. Bila mungkin, pilihlah buah yang kaya serat, dan mengkonsumsi buah-buahan utuh daripada jus buah yang tinggi kadar gulanya.

Apakah Anda memiliki kanker paru-paru atau ingin menurunkan resiko terkena itu, buah merupakan komponen penting dari setiap diet seimbang. Siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari makan lebih banyak buah, tetapi kuncinya adalah variasi. Makan beraneka ragam buah dengan warna yang berbeda-beda adalah kunci penting untuk mendapatkan nutrisi yang lebih komplit.

Buah sangat penting bagi pasien, selain dengan obat-obatan kanker paru paru yang Anda konsumsi, buah menjadi komponen penting lainnya untuk menunjang proses pengobatan yang Anda jalani.

No comments:

Post a Comment